Ringed Cake from Betawi

6937-kue-cincin-betawi.jpg

Tanpa toping, kue cincin tetap maknyus – http://www.tabloidnova.com

Ngomongin donat di Indonesia, mungkin kita akan langsung ingat salah satu brand Amerika yang udah dikenal sejak tahun 90an. Apa ya namanya? Sebut saja Dun**n Donu**s (sengaja disamarkan biar penasaran hihi).

Roti bundar goreng yang dilubangi bertoping kacang, gula atau mesis, mungkin bisa jadi pemikat selera banyak orang buat jadi teman ngopi.

Meski kalau cek daftar menu atau ngeliat etalase gerai donat, ada juga ya yang nggak dipoles luarnya – polos aja gitu (yang konon berisi selai buah-buahan seperti rasa stroberi, bluberi atau srikaya, cuma masih berbalut gula salju sih)

Pernahkah ngebayangin donat gosong yang 100% TANPA topingan apapun? Kudapan lokal ada yang begitu. Sama-sama bundar berlubang dan digoreng.

Donat kan berasal dari serapan bahasa bule Doughnut (Dough=adonan, Nut=kacang), di Indonesia disebutnya Kue Cincin sama orang Betawi hehehe. Kalo ke Karawang atau Cianjur – Jawa Barat, namanya berubah jadi Ali Agrem (Ali berarti cincin dalam bahasa Sunda).

Saya sendiri suka banget dengan kue cincin tapi belum pernah coba si Ali Agrem. Mungkin keduanya gak ada perbedaan rasa ya. Berhubung sekitaran rumah kalo pagi hari gampang nemuin pedagang kue (ada yang gelar lapak dan keliling), maka nggak jarang saat sarapan saya makannya kue cincin.

Kadang kalo gelar acara di rumah, nyokap saya suka mesen se-box ke langganannya. . Menurut saya kue cincin yang enak itu harus garing dan kering (gak terlalu berminyak). Ada juga yang rasanya sedikit asem, mungkin dari gula arennya ya. Saya belum bisa bedain mana kue yang dicampur gula pasir putih atau tanpa.

Btw karna belum liat pembuatan kue cincin dan saya juga sama sekali nggak hobi masak, sepertinya emang nggak akan dicoba untuk buat sendiri. Pokoknya saya terima beres deh tinggal ngunyah aja, trus komentar  😉

Kalo disuruh pilih kue cincin atau donat, saya kue cincin donk buat sarapan. Donatnya buat ngemil sore aja 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s